CONTOH MAKALAH MANAJEMEN PENDIDIKAN PRA SEKOLAH TPQ AL ISLAM BANYUMANIK SEMARANG
I. PENDAHULUAN
Pendidikan adalah segala usaha orang dewasa dalam pergaulannya dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmani an rohaninya ke arah kedewasaan. Pendidikan sangatlah penting terutama bagi anak usaia dini, dengan mengenyam pendidikan dari kecil, anak akan lebih dapat mengetahui minat dan bakatnya. Untuk itu pendidikan bagi anak usia dini sangat dibutuhkan tidak hanya dalam bidang formal, non formal pun cukup penting. Diantaranya pendidikan pra sekolah yang meliputi Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) maupun Taman Kanak-kanan (TK). Keduanya merupakan pendidikan sekolah, akan tetapi TPQ lebih condong ke arah keagamaan, sedangkan TK lebih condong ke pendidikan umum. Selanjutnya dalam makalah ini akan dibahas tentang Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ).
II. PEMBAHASAN
A. Gambaran Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPq) al Islam Banyumanik Semarang.
1. Tinjauan Historis
Taman Pendidikan Al-Qur'an al-Islam merupakan salah satu bentuk lembaga pendidikan masyarakat yang bergerak di bidang keagamaan. TPQ tersebut berdidi pada tahun 2002 yang digagas oleh Ta'mir Mushalla al-Islam yaitu Bapak Sunardi, namun yang mempunyai ide sebelumnya adalah Bapak Ali Sofwan. Kemudian oleh pemuka-pemuka agama di lingkungan mushalla tersebut bersepakat dengan didirikanya TPQ, dimana tujuan didirikannya sebuat TPQ tersebut adalah untuk mengembangkan ukhuwah islamiyah di lingkungan mushalla dan sekitarnya, mendidik anak agar senantiasa menjadi anak yang berakhlakul kariman dan dijadikan ajang untuk memperluas pengetahuan keagamaan anak didik.
OOleh masyarakat, TPQ tersebut diberi nama TPQ al-Islam sesuai dengan tempat dilaksanakan pendidikan yaitu Mushalla al-Islam.
2.Letak Geografis
TPQ al-Islam terletak di gang Mangga dalam no.10B Banyumanik Semarang.
Berdirinya TPQ tersebut meliputi dua hal :
1) Segi Sosial
Keberadaan TPQ al-Islam Banyumanik Semarang berdampak positif bagi masyarakat lingkungannya karena memberikan kesempatan kerja yaitu menjadi pengajar bagi mereka yang mampu mengajar, baik yang lulusan pesantren maupun sekolah formal. Ada juga pengajar yang berprofesi sebagai guru.
2) Segi ekonomi
Letak TPQ tersebut berada di tengah-tengan desa sehingga pelaksanaan pendidikan dapat membuat suasana yang kondusif karena jauh dari keramaian.
3) Sarana dan Prasarana
Demi kelancaran dan keberhasilan proses belajar mengajar, TPQ tersebut menyediakan fasilitas yang terdiri dari meja untuk mengaji 10 buah, whiteboard 1 buah, serta alat-alat kebersihan.
4) Kepengurusan
Struktur kepengurusan TPQ al-Islam yaitu:
Ta'mir Mushalla : Sunardi
Kepala Sekolah : Ali Sofwan
Bendahara : Hesti
Staf pengajar : Eni, Fatimah, Anik
B. Pengertian Manajemen Pendidikan Pra Sekolah
Menurut Stoner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pimpinan dan pengendalian upaya anggota organisasi dan penggunaan semua sumber daya organisasi untuk menjacapi tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Sedangkan manajemen pendidikan sebagai seluruh proses bersama dan dalam bidang pendidikan dengan memanfaatkan semua fasilitas yagn ada, baik personal, material, maupun spiritual untuk mencapai tujuan pendidikan.
Pendidikan pra sekolah adalah pendidikan yagn diselenggarakan untuk mengembangkan pribadi, pengetahuan dan ketrampilan yang melandasi pendidikan dasar serta mengembangkan diri secara utuh sesuai dengan asal pendidikan sedini mungkin dan seumur hidup.
C. Pendidikan pra sekoalh di TPQ al-Islam
Taman Pendidikan al-Qur'an al-Islam merupakan salah satu bentuk pendidikan Islam pra sekolah yang menyediakan pendidikan dini bagi anak usia dini sampai memasuki pendidikan dasar agar lebih mengenal pengetahuan tentang Al-Qur'an. Keberadaan TPQ sangat dibutuhkan masyarakat, begitu juga dengan adanya Taman Kanak-anak adalah untuk menyeimbangkan antara pengetahuan umum dan pengetahuan agama. Karena kedua pendidikan tersebut merupakan wadah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak didik sesuai dengan sifat-sifat alami mereka.
D. Kurikulum dan Jadwal Pendidikan TPQ al-Islam
Kurikulum ialah rencana-rencana yang dibuat untuk membimbing dalam belajar yagn biasanya meliputi dokumen, lever secara umum, dan aktualisasi dari rencana-rencana itu di kelas sebagai pengalaman murid yang telah dicatat dan ditulis oelh seorang ahli pengalaman tersebut ditempatkan dalam lingkungan belajar yang juga mempengaruhi apa yang dipelajari. Kemudian yagn menjadi pkok dari materi kurikulum pendidikandi TPQ al-Islam yaitu bhaan-bahan, aktifitas dan pengalaman mengandung unsur keteladanan. Adapun jumlah peserta didik ada 50 siswa sedang gurunya aa 3 orang dan pelaksanaan proses belajar mengajar dijadikan satu di dalam mushalla al-Islam. Proses belajar mengajar dilaksanakan setiap hari senin sampai kamis,
E. Peranan orang tua terhadap pendidikan pra sekolah (TPQ al-Islam)
Masyarakat umumnya memandang bahwa tugas orang tua dirumah adalah menanamkan kebiasaan dan tradisi yang berlaku dalam lingkungan sosialnya. Jika orang tua mampu menjalin hubungan baik dengan anak, menguasai bahkan pelajaran dan metode pengajaran dan memiliki waktu untuk mengajar, ada baiknya oang tua menadi guru bagi anak-anak mereka di rumah. Karena lingkungan anak di rumah adalah lingkungan yang pertama anak dalam membentuk akhllak kepribadian.
Ada alasan yang kuat mengapa para guru selalu mengingginkan para orang tua melibatkan diri dalam pendidikan anak mereka. Green Berk (1984), percaya bahwa keterlibatan orang tua dalam pendidikan akan meringankan masalah disiplin murid dan meningkatkan motivasi anak. Dengan demikian TPQ al-Islam membuat masyarakat sadar akan pentingya pendidikan agama ada anak usia dini. krena hal ini dapat membekali kehidupan anak tersebut di masa kantong. Namun tidak menutup kemungkinan orang tua yang acuh terhadap pendidikan agama anak-anaknya trsebut, Akan tetapi banyak juga mereka yang tpq karena kesadaan dirinya.
0 comments:
Post a Comment